Minggu, 11 Maret 2012

Minggu Manis

Helloh bloggers! Long time no post jeng jeng :D

Hari ini hari Minggu nganggur pasca praktikum icl huhuuu, melepas penat yang ada dengan leyeh-leyeh di rumah. Bangun, mandi, nonton tv, yah itu-itu aja sih. Kecuali satu, Minggu ini berasa pengeeen banget bikin-bikin sesuatu. Lihat lemari nggak ada kain nganggur, lihat isi laptop juga nggak ada yang bisa diutek-utek, terus lihat isi lemari dapur, ada ini nih ...


Lumayan, gara-gara ada itu jadi tiba-tiba pengen bikin es, walaupun lagi pilek sih, sroooooottt ... Karena bahannya yang sama sekali nggak rumit, akhirnya kuputusin bikin ginian. Bahannya ya cuman bubuk ice cream ini sama air dingin 150 cc. Gini nih sekilas langkah-langkah bikinnya :


Yak, pertama-tama siapin bahan-bahan sama alatnya; bubuk ice cream, air dingin 150 cc, mixer standar, wadah ice cream jadi, dan sendok. Terus masukin bubuk ice cream dulu, lalu air dingin 150 cc. Siapin mixer, tancepin stop kontak dan testing mixernya.


Terus, mulai aduk adonan ice cream dari kecepatan aduk mixer yang paling rendah sampe yang paling tinggi sampai adonan mengembang 3 kali lipat dari semula, istilahnya sampe kentel deh. Terus testing rasa ice cream yang kalian buat, kalo menurut kalian kurang gimana gitu, bisa ditambahin full cream atau susu kental manis. Yang mana aja boleh.


Setelah selesai pengadukan, ambil wadah yang mau kalian masukin adonan ice cream untuk disimpan di freezer. Tuang adonan ke wadah dan taburi dengan kismis bawaan dari bubuk ice cream, biasanya sih di pondan magic *eh sebut merek deh*. Bisa ditambahin bahan lain seperti meses dan choco cips. Yang mana aja boleh.

Setelah itu taroh di freezer yak, biar ngeras dan bisa cepet-cepet dimakan. Kata mama sih kalo dimakannya model beginian, nanti bisa sakit perut. Kalo menurutku sih sama aja, toh nanti kalo dimasukkin freezer terus dikeluarin, lama-lama juga cair yes? Jadi boleh lah kalian makan begini langsung, tapi eittts bukan es namanya kalo nggak beku dan dingin brrr. :D

Nah itu tadi sekilas bikin ice creamnya, nunggu 4-5 jam nih sampe ice creamnya beku total. Jadi sambil nunggu aku nyambi ngapa-ngapain. Nganterin Panji ke UM, biar bareng bapak mau ke Kediri, ke nikahan sodara. Aku nggak ikut soalnya capek dan besoknya harus kuliah pagi. Terus, nyuci sepatu sama njemurnya. Terus ... nganggur lagi.

Masuk dapur lagi, enggak tau kenapa naluri hari ini belum hilang, ada berbungkus ager-ager yang siap digodok nih. Ambil satu dan mulai bikin, itung-itung bisa dimakan pake ice cream nantinya.


Langkah-langkahnya nggak usah dijelasin lagi kan? Bahannya juga cuman itu-itu aja, bedanya ini pake 200 cc air dan nggak harus dingin, terus pake gula sesuai selera, terus nggak pake mixer (yaiyalah), pakenya panci sama kompor, intinya digodok lah. Terus tinggal nuangin ke wadah dan tunggu sampe lumayan dingin lalu masukkan kulkas (bukan freezer yak), sampe mengeras total. Eh bukan keras ding, kenyel-kenyel.

Sambil nungguin dua-duanya keras dan kenyal, aku nganggur lagi. Terus akhirnya si Sumpil ke rumah hihiii. Niatnya mau nyari makan keluar, tapi malah nonton tv geje sampe nonton arema dan kalah wek wek. Sambil makan ice cream yang dipaksa keluar dari masa pembekuannya, jadi belum seberapa keras *halah*.

Nah itu tadi kegiatan super nggak jelas hari Minggu ini. Kenapa judul post ini Minggu Manis? Ya karena itu tadi, hari ini aku bikin yang manis-manis, ketemu orang manis (ini pasti bikin dia geer setengah mati) sama ngalamin kejadian-kejadian manis. :)

Doing nothing with right person, ini mah ceritanya heheheee. Happy weekend! Happy resting!

...tys...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar