Sabtu, 07 April 2012

My First Cupcakes

Helloh bloggers! Still happy long weekend!

Akhir-akhir ini obsesiku berubah, aku suka lihat-lihat kue di online shop. Kue-kue yang lucunya notok jedok ini bikin naluri pengen bikin kue-ku muncul. Singkat cerita, beberapa hari sebelum hari ini, tiap laptopan aku selalu buka folder bookmark-ku yang isinya tentang cupcakes. Iya, cupcakes. Kue kup, kue mangkok, atau apalah. Jadi dari situlah keinginan bikin kue-ku muncul, perlahan tapi pasti, sedikit sedikit menjadi bertumpuk.

Jadi, setelah beberapa hari merecoki mama, ngajak beli ini itu tapi tak kunjung berhasil, akhirnya kuputuskan untuk pergi sendiri mencari toko bahan kue di Malang ini. Setelah beberapa menit muter-muter sepeda motoran sama dek Aris, akhirnya sampai ke toko Prima deketnya pasar besar. Lumayan jauh, karena ini satu-satunya toko yang buka kemaren, di hari libur bersama Paskah. Hmmm.

Ini sekilas foto belanja kemarin, dari Lorong Prima, lemari es penuh dengan cream, rak icing fondant, rak pewarna makanan, rak whipping cream dan tempat-tempat loyang.

Prima

Tapi kemarin hanyalah kemarin dan berhenti di kemarin (ngomong apa). Kemarin itu ke Prima, cuman buat lihat-lihat. Alhasil, daripada nggak beli apa-apa, akhirnya cuman beli fondant icing polos yang seperempat kiloan sama 3 macam pewarna makanan. Simpel. Alesan utama dari tindakan ini adalah ... nggak bawa duit, gara-gara kesini cuman sama dek Aris. Malemnya aku sama Aris coba-coba bikin hiasan fondant yang jadinya ... miris sekali untuk diceritakan!

bikin icing

dek Aris dan kreasinya

Besoknya, alias hari ini sekali lagi dan lagi dan lagi aku merecoki mama, biar mama mau nemenin ke Prima kali ini. Setelah melakukan syarat-syarat yang diperintahkan mama, akhirnya mama mau nganterin anak cewek satu-satunya ini buat beli-beli bahan sama alat-alat kue. Pertamanya ke pasar Mergan sih, nyari-nyari tapi nggak ada yang sreg. Emang hati udah di Prima sih ya ...

Nyampe lagi di Prima, langsung cus borong ini itu. Kali ini dibayarin mama, jadi agak berani ambil macem-macem. Mulai dari loyang satuannya cupcakes, papercup, cupit, terigu, soda kue, BP, gula donat sprinkle dll. Hehehee makasih mamaaa!

Sampe rumah, nggak istirahat nggak apa, langsung coba bikin. Pertama naik turun buat nata-nata bahan dan barang (udah berasa mau siaran masak live aja nih). Kedua naik turun lagi buat ngelakuin ini itu yang disuruh sama resep. Oh iya, ini aku belajar bikin secara otodidak ya, bahan-bahannya juga nggak diukur secara detail, ngira-ngira aja. Hehehe, jadi kalo hasilnya masih mengecewakan, nggak apa. Namanya juga masih amateur

Sesuai dengan judul post ini--My First Cupcakes--ini adalah kue mangkok pertama yang akan kubuat. Dulu, dulu banget, mama suka bikin-bikin kue, buat acara ulang tahunku, Panji, Aris waktu kecil, sampe cuman sekedar buat camilan di rumah. Entah kenapa sekarang jadi nggak pernah, mungkin beliau sibuk. Hmmm. Kali ini juga, terpaksa aku cuman belajar bikin pake resep dari internet yang kebenaranna nggak ada bukti nyatanya, efek mama hari ini sibuk. Hmmm nggak apa lah. Ayo mulai.

Resep yang kupakai kali ini diambil dari sini. Oke, pertama-tama siapin bahan-bahan yang ada di resep tambah bahan-bahan buat bikin buttercream dari mama. Terus siapin alat-alatnya juga. Kalo dari gambar di bawah ini sih; gula donat (gula halus), tepung terigu (aku pake yang serbaguna), mentega, telur (nggak boleh pake yang dari kulkas), fondant icing (baik yang polos, maupun yang sudah diberi pewarna), rainbow cips/ sprinkle (nanti nggak kepake sih), mentega putih, susu full cream, sendok makan, sendok teh, loyang cupcakes yang satuan (belinya lusinan), soda kue, baking powder, paper cup (menyesuaikan ukuran loyang), sprinkle bunga, pelastik segitiga, cetakan krim, baskom/ wadah buat ngaduk, mixer/ whisk, dan pewarna makanan.

Alat dan Bahan

Lalu, ikutin aja langkah-langkah di resep di atas. Gampang banget kok, sederhada hanya saja perlu kesabaran dan kelembutan *issshhh*. Lelehin menteganya, campurin sama susu, yak walau faktanya susu nggak akan mau campur sama mentega kalo nggak dimixer dulu. Terus pecahin 2 telur ayam, ayam lho ya, terus campurin gula, bisa gula pasir/ gula halus, mix it! Perlahan-lahan tambahin bahan-bahan lain dan terus aduk sampai merata. Aslinya kalo di resep sih nggak perlu pake mixer, ini pake mixer biar cepet aja, sama keaduknya merata hehehe. 

Cara pembuatan

 Terus, setelah adonan jadi, siapin loyang yang tadinya udah diisi papercup. Nggak perlu diolesin aneh-aneh, langsung tuang aja. Setelah itu langsung masuk tahap pengukusan. Disini aku pake cara kukus buat ngerasin adonannya, karena oven di rumah sudah rusak, terpaksa pake dandang. Malang nasib, dandang di rumah kecil, jadi harus 2 kali ngukus biar semua cup-nya terkukus sempurna. Setelah dikira-kira selama beberapa menit, sambil bikin butter cream yang bahannya cuman mentega putih campur gula halus dimixer dikasih pewarna, akhirnya adonan cupcakes kukus sudah matang! Jeng jeng!


Kreasi toping

Setelah ditiriskan dan menunggu beberapa saat agar loyang nggak panas, biar bisa ngeluarin cupcakes dari dalem loyang, akhirnya tiba saatnya untuk menghias! Ini yang kutunggu dari kemaren dulu. Pengen banget ngehias-hias cupcakes. Selama proses penghiasan, sebenernya aku pengen bikin macem-macem warna, tapi karena males ribet dan nambah-nambahin cucian wadah, akhirnya cuman bikin polosan sama pink. Hihihiii. Setelah bersabar ngadepin dek Aris yang kerjaannya cuman ngganggu aja nih daritadi, akhirnya selesai juga topingan cupcakes-ku! Tadaaa! NB: 3 cupcakes lainnya tewas; dibikin percobaan rasa, dibikin kreasi sama dek Aris sama dimakan dek Aris. Sekian.

after baking

Beres-beres!Setelah 2 jam belepotan, sekarang waktunya beres-beres! Dari awal bikin, ngehias, sampe beres-beres, aku lupa bales smsnya si pacar. Maaf ya car. Lagi sibuk, hihihiii. *dikeplak* Yak! Bereskan semua! Masukkan bahan-bahan sisa ke plastik dan amakan di tempat yang tak terjangkau semut (ini susah nih). Jangan lupa buang sampah-sampah sisa ya! Terus cuci semua alat-alatnya. Issshhh, banyak banget ini cucian.

Dan ... jeng jeng! Inilah hasil cupcakes yang kubuat siang ini!


Dari kiri ke kanan kunamakan cupcakes ini; Bukit bunga (lapisan buttercream berpuncak fondant bentuk hati ditambah bunga pink), Gelombang Manis (olesan buttercream bergelombang berpuncak bunga pink) dan Taman Bunga (olesan buttercream acak-acakan dan bertabur bunga). Sebenernya ada satu lagi yang nggak kefoto, Lelehan Cinta *apasiiih* terbuat dari olesan buttercream, toping fondant bentuk lelehan berpuncak buttercream bunga dan hiasan bunga pink). Asik-asik! :P

Cukup melelahkan juga siang iniii ~ Tapi lumayan lah, cakes pertamaku berhasil, udah dimakan banyak dan tinggal beberapa, disimpen buat si pacar yang lagi pulkam. Salah sendiri nggak disini sekarang. Hehehe nggak nggak. 

Memories today ~

adonan setelah dikukus


my little bro, Aris
My First Cupcake's Icing
9 White-Pink Cupcakes
So Sweet
Blush on Pink
Me with My First Cupcakes
Kebun Bunga
For you (actually) :P
Shofa's

Itu tadi sekilas hari ini, bakalan terus nyoba bikin ini itu, menuhin obsesi hahaha, akhirnya nemuin hobi baru ~ yuhuuu ...

Happy Baking! Happy Decorating! Happy Eating!

with a little note beside them

...tys...

1 komentar:

  1. Good efforts. All the best for future posts. I have bookmarked you. Well done. I read and like this post. Thanks.
    1977 Plymouth Volare AC Compressor

    BalasHapus